Apa itu Agama ?

Agama, dalam bahasa jawa disebut juga dengan agomo merupakan suatu nilai yang mengatur sendi-sendi kehidupan manusia. Dalam perkembangan babat Islam di tanah jawa, para sunan Wali Songo menyebarkan agama Islam melalui seni dan budaya. Sperti Wayang, tembang, tari-tarian dan juga melalui sanepan. Begitu juga dalam menyebarkan suatu pegangan hidup berupa agama.

Agama bisa juga disanepo menjadi ageman, yang berarti pakaian. Dalam peribahasa jawa sering kita jumpai kalimat seperti berikut :

Ajining diri jalaran soko lathi

Ajining rogo jalaran soko busono

Kalau dalam bahasa indonesia bisa kita artikan seperti ini, Nilai kehormatan manusia dapat dilihat dari segala yang keluar dari Perkataannya. Dan Fisik manusia dapat dinilai dari pakaian yang dikenakannya.

Coba kita urai, busono=ageman=pakaian=agama=nilai; rogo=diri=manusia.

Supaya raga kita mempunyai nilai lebih maka harus menggunakan pakaian (ageman), karena orang yang tidak menggunakan pakaian (alias telanjang) biasanya orang yang memiliki kelainan. Oleh sebab itu agama bisa juga diibaratkan sebagai ageman yang melekat pada diri manusia yang memberikan nilai lebih sebagai makhluk yang bermoral.

Begitu mendasarnya dan sederhananya para pinisepuh kita dalam memberikan suatu gambaran kepada masyarakat jawa pada saat itu, sehingga mampu merasuk dalam sendi-sendi kehidupan. Baik secara lahiriyah maupun batiniyah. Memang agama dicipta untuk mempermudah manusia untuk mencapai tujuan hidup, bukan membikin rumit. Bahkan menimbulkan pandangan yang anti agama. Hal ini disebabkan memang kita sebagai manusia yang mengaku modern ini terlalu rumit dalam memaknai agama itu sendiri, jadinya ya serba kemrawutan seperti sekarang ini.

Agama Islam, dalam bahasa jawa bisa diibaratkan, agama = ageman; dan islam = slamet = singkatan (Isak, Subuh, Luhur, Asar lan Magrib). Mempunyai arti Agama Islam adalah ageman atau nilai yang membawa kesalamatan. Nah, ageman apa yang bisa membawa kita kepada keselamatan, yaitu ageman yang didalamnya memuat Isak, Subuh, Luhur, Asar lan Magrib.

Islam=slamet=bejo mempunyai makna yang memberi berkah kepada umat. Kalau diartikan kira-kira begini Agama Islam yaitu suatu kaidah nilai yang memeri berkah pada umat (rohmatan lil alamin).

Nilai yang dapat diambil dari uraian tersebut diatas, Jika kita merasa sebagai umat islam = baju kita adalah islam = ageman kita slamet dalam kehidupan sehari-hari harus rohmatan lil alamin. Dimana hal tersebut bisa kita lakukan,

kaping pisan nggo awake dewe, kaping pindo nggo kluargo, ping telu tonggo teparo.

Diterbitkan oleh

Arie

http://ariesubowo.blogspot.com/

3 tanggapan untuk “Apa itu Agama ?”

  1. hohohoohhooo…suka ney sama tulisan yang ini..^__*, apik…apik………hwhehheheheh….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s