Anda Seorang Technical Support di ISP

Technical Support (TS) satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah Perusahasaan penyedia layanan internet (ISP). Kenapa hal ini menarik untuk diperbincangkan ? ada kemampuan pokok yang harus dimiliki oleh seorang ts. Karena fungsinya dalam perusahaan yang bergerak dibidang jasa, yaitu mensupport hal-hal yang berbau teknis kepada para customer. Kemampuan yang harus dimiliki oleh ts dalam ISP adalah pengetahuan terhadap jaringan komputer dan jaringan manusia. Anda seorang ts atau baru mau menjadi ts, tunggu saja kabar selanjutnya yahhh. he he he he

Cerita dilanjutken

Syarat kecakapan sebagai seorang TS yang pertama, adalah pinter membangun jaringan komputer.

Nah, syarat yang ini saya tidak usah terlalu banyak komentar, yang jelas semua technical support sudah pada pinter teori maupun praktek jaringan. Teori jaringan under linux, mikrotik, cisco, windows dan lain-lain. Mambangun jaringan komputer tidak terlalu banyak mengalami kesulitan, karena yang dibangun dan diarahkan adalah sebuah mesin yang tak bernyawa. Jadi sangat mudah diatur.

Syarat yang kedua, adalah pinter membangun jaringan manusia.

Nah syarat yang kedua ini yang susah dalam hal praktik dilapangan. Kalau ditinjau secara teori, banyak sekali teori, tanyakan saja ke temen saya yang paling setia dalam hal mencari solusi, namanya Mbah Google. Dalam media cetak, media elektronik yang nyata maupun maya banyak sekali yang mengupas tentang After sale dan penanganan pelanggan. Merujuk pada pembahasan tentang Bisnis jasa yang telah dikupas diawal. Maka dalam hal menangani pelanggan, seorang ts tidak boleh mengedepankan kemampuan teknis belaka. Karena jika kita sebagai terlalu banyak menyampaikan hal teknis pelanggan akan semakin bosan mendengarkan kita. Karena pada dasarnya pelanggan itu hanya ingin membutuhkan layanan, bukan ingin mendapat tambahan pengetahuan berupa teori jaringan komputer.

Kemampuan untuk melihat kondisi pelanggan, itu mutlak diperlukan oleh seorang TS (atau bisa dibaratkan teknisi juga harus pandai berpuisi). Karena yang dihadapi ts bukan sekedar komputer, melainkan manusia ya ts harus mempunyai pengetahuan tentang Public Relation (PR). Nah, disininih yang menjadikan ts itu bukan sekedar teknisi biasa, tapi teknisi yang humanis.

3 thoughts on “Anda Seorang Technical Support di ISP

  1. (atau dalam arti lain teknisi juga harus pandai berpuisi)

    oh….
    komputerku
    kadang lambat
    kadang cepat
    kadang nge hank
    ternyata ramnya rusak

    oh komputerku
    benda ajaib

    oh internetku
    kadang cepat
    kadang lambat
    kadang putus putus
    hmmmm dimana ya masalahnya?
    ternyata kadang mati listrik
    kadang jaringan rusak
    kadang kadang bandwidth nya kurang

  2. Dear Pak Totok,
    saya kira bisnis kambing etawa nya sangat menarik, dari pada harus menjadi seorang TS, apalagi kalau melihat pengalaman Bapak, wauuuu… keren banget. malah kalau bisa bapak yang menyediakan tempat untuk calon-calon TS. Bravo untuk pak Totok.

    Dear mas ciepoel,
    saya kira bukan harus pinter puisi, tapi lebih kearah menyeimbangkan antara kemampuan teknis dan kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan. Kalau mas ciepoel sudah bisa berpuisi saya pikir lebih menarik lagii (ada bakat yang terpendam dan perlu di kembangkan). sukses deh buat mas ciepol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s