Bagaimana Komunikasi dengan Pelanggan

Komunikasi merupakan pertukaran data melalui media tertentu. Media komunikasi dengan manusia saat ini sangatlah banyak dan beragam teknologinya. Ada telephone, ada instant messenger, ada VOIP, ada juga email dan masih banyak media yang dapat digunakan dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Namun apakah komunikasi melalui beberapa media tersebut yang diharapkan pelanggan untuk mencapai hasrat terpuaskan dalam hal layanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan jasa. Jawabannya adalah ” Bukan !!!”

Pelanggan mengharapkan sebuah perhatian terhadap layanan yang telah dia beli. Nah Komunikasi yang diperlukan disini, yaitu sebuah komunikasi yang memberikan rasa nyaman kepada pelanggan. Komunikasi yang bagaimana yang dapat memberikan rasa kenyamanan terhadap pelanggan ?

Pada diri kita memiliki 7 ports saluran data untuk komunikasi antar sesama manusia, yaitu :

  • 2 buah mata
  • 2 buah telinga
  • 1 mulut
  • 1 pikiran
  • 1 hati

Mata dan telinga, memiliki masing-masing 2 (dua) port yang mempunyai fungsi beda-beda tipis, namun mempunyai prioritas yang sangat besar dalam komunikasi antar manusia.

  • Mata : memiliki fungsi untuk melihat data atau dapat diartikan untuk memperhatikan.
  • Telinga: mempunyai fungsi untuk mendengarkan.

Dalam kaitannya degan bisnis layanan jasa, kita sebagai penyedia jasa layanan harus banyak dituntut untuk lebih memperhatikan dan mendengarkan dari pelanggan. Segala hal baik itu yang menyenangkan maupun hal yang tidak menyenangkan untuk didengar yang datang dari keluhan para pelanggan, kita diwajibkan untuk memperhatikan. Karena pada tahap proses mendengar dan meperhatikan inilah, segala data dikumpulkan sebagai bahan kajian layanan yang telah diberikan (analisa produk).

Mulut, mempunyai funsi sebagai media untuk memberikan feedback kepada para pelanggan. Setelah ada keluhan yang datang dari pelanggan diolah pada mulut dan telinga, step selanjutnya adalah memberikan suatu umpan balik ke pelanggan. Kenapa jatah portnya hanya 1 (satu) ? Disini kita diharapkan untuk lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan umpan balik ke pelanggan, jangan terlalu banyak memberikan umpan balik yang bersifat sangat teoritis sekali, berikan hal-hal yang bersifat teori selayaknya saja. Hal ini akan sangat membantu mempermudah pelanggan dalam menerima layanan, dan disisi perusahaan akan sangat memberikan manfaat (terumata masalah waktu dan biaya pproduksi).

bentarr yahhh, mau mandi dulu ……. (maklum ditulis pas lagi ngantri mandi), sekarang dilanjutken lagi…..

Pikiran dan hati merupakan suatu pembeda metode komunikasi dari masing-masing orang. Kemampuan dalam mengolah data komunikasi tergantung dari dua hal ini. Data yang terkumpul oleh mata dan telinga akan diolah menurut persepsi pikiran masing manusia dan dipertimbangkan secara manusiawi dalam hati. Data yang sudah terolah dalam dua prosesor tersebut akan dikeluarkan sebagai bentuk umpan balik kepada pelanggan.

Kemampuan menggabungkan 7 media komunikasi yang telah dibawa sejak lahir, akan menentukan keberhasilan manusia (dalam hal ini sebagai penyedia jasa) dalam usaha untuk memperlancar dan memperluas jaringan komunikasi.

Dalam berkomunikasi coba kembangkan senyum 227(*), kemudian dengarkan dan perhatikan, lalu tanggapi dengan bijak, setelah selesai senyum 331(**).

(*) senyum 227 = tarik bibir kekiri 2 cm, kekanan 2 cm tahan selama 7 detik.

(**) senyum 331 = tarik bibir kekiri 3 cm dan kekanan 3 cm tahan selama 1menit.

Selamat mencoba yaaa:)

8 thoughts on “Bagaimana Komunikasi dengan Pelanggan

  1. Ya untuk menyampaikan komunikasi harus ada 2 arah yg sama2 mengerti,tau dan memahami agar komunikasi itu baik hasilnya.

    sedangkan senyum itu perlu di ingat tarik bibir ke belakang bukan ke depan ya???
    heheheh just kid deh

    btw bagus apa yg bpk tulis,wah ada bakat bener…..

  2. semua rakyat malaysia perlu baca tikal ni bagus sgt2 :)…………………………………………………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s